Mahasiswa Baru; Antara Peluang, Harapan dan Tantangan!!!


Mahasiswa Baru; Antara Peluang, Harapan dan Tantangan!!!

                                                          Oleh: Galih Suci Pratama*)
                                                                                
                                                                             


Hidup mahasiswa!

Alhamdulillah segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah mengkaruniakan kesempatan dalam setiap tahapan kehidupan. Kini momentum menciptakan sejarah telah datang, sejarah dalam merangkai peradaban dan, bersiaplah melanjutkan estafet kepemimpinan itu.
 Selamat datang Mahasiswa Baru FIP 2012, Selamat datang para pemuda intelektual. Padamu pewaris negeri, di tangan engkaulah bangsa ini kan menyongsong penggalan harapan nan penuh kepastian. Terngiang hentakan semangat bapak proklamator bangsa, “Berikan sepuluh pemuda, maka akan ku guncangkan dunia”. Ya, begitu hebatnya potensi pemuda hingga harapan pun di sematan dalam setiap langkah yang ditapakinya.
Dalam fenomena masyarakat kampus, mahasiswa terkategorikan menjadi beberapa tipikal. Diantaranya mahasiswa bergenre aktivis sosial politik yang penuh dengan visi misi gerakan, aktivis event organizer, penggiat gerakan moral, penggiat riset dan IT, mahasiswa studi oriented hingga mahasiswa disoriented.
Peran ideal yang sudah seharusnya diambil dan dimiliki mahasiswa salah satunya sebagai pennyambung kepentingan rakyat dan pemerintah. Disanalah sisi intelektualitas kita terasah, aksi nyata dalam beragam tawaran solusi, advokasi ataupun kontrol sosial. Orasi mahasiswa adalah narasi kebangsaan. Narasi kecintaan pada negeri. Narasi peradaban. Aksi dengan narasi yang kokoh sebagai fondasi kecintaan pada rakyat. Latih jiwamu sebagai pejuang. Kampus itu tempat melahirkan negarawan, bukan sekedar akademisi tulen.
Menggali potensi, mengkolaborasikannya. Aktivis intelek, IPK cumlaude, skripsi masuk jurnal nasional & conference internasional. Di kampus, kita mencelupkan diri membentuk pribadi paripurna terdidik untuk kajian yang mendalam seblum aksi, mengasah nalar demi perjuangan terbaik. Gerakan sosial politik, gerakan profesi, gerakan community development, gerakan kewirausahaan. Semuanya baik kawan. Semuanya perlu saling sinergi.
Namun sejatinya hidup adalah pilihan, dalam setiap pilihan memiliki ketentuan dan tuntutan. Maka sebagai mahasiswa sudah selayaknya seesekali melihat kebawah, masih banyak orang yang belum memperoleh akses pendidikan hingga jenjang perkuliahan.
Hingga pilihan yang dapat diambil dapat memberikan energi positif dalam kepak sayap dinamika aktivitas lembaga kemahasiswaan. Manfaatkan peluang dalam menggapai asa. Selamat datang mahasiswa baru, selamat berkarya. Aksi nyata untuk negeri tercinta...


Hidup Mahasiswa!!!

                                                                                                   *) Ketua BEM FIP UNNES 2012

    0 komentar:

    Posting Komentar