Kunci utama dalam sponsorship :
1.
Kepercayaan
2.
Menjalin komunikasi secara
efektif dan tidak berlebihan > komunikasi (lobby) dilakukan secara langsung
face to face jangan lewat telepon apalagi sms
3.
Buat event unik,kreatif dan
menarik
Event juga harus sesuai dengan yang
diharapkan pihak sponsor
4.
Jaringan / link > menjaga hubungan dengan jaringan sangat
diperlukan,bisa dengan cara silaturahim atau dengan hal hal lain.menjalin
jaringan dimulai dari link yang dimiliki atau bisa pula mencari pada saat event
event besar .
Cara menjalin jaringan > cari info
lengkap pihak sponsor > lobby > silaturahim & bawa bingkisan untuk
mempererat hubungan dengan jaringan
5.
Eksekusi
Cara untuk mendapat sponsor
1.
Jelaskan secara detail
event yang akan diadakan : spot (tata ruang/tempat),jumlah peserta,pangsa pasar
& detail kegiatan
2.
Cari produk /sponsor yang
sesuai dengan program yang dibuat
3.
Cari produk yang lagi
promosi,biasanya yang iklan iklan ditivi,karena bila jarang iklan,kemungkinan
produk tersebut sudah memiliki pangsa pasar tersendiri / marketable
Dinas > proposal yang disetujui berbasis
program yang dimiliki dinas
Perusahaan > proposal yang disetujui
sesuai dengan pangsa pasar & merupakan promosi produk
Hal hal lain yang penting juga : - mintalah CP pihak sponsor
Jangan
titipkan proposal pada satpam
Tekun,sabar
& lyal
Pembicara : Adi Prasetyo
0 komentar:
Posting Komentar